Mengenal Digital Nomad dan Sumber Penghasilannya – Infografis

by vector in Article, Content, Design, Inspiration on January 27, 2021
Digital nomad woman working at outdoor. Lifestyle women working remote concept.

Salah satu gaya hidup impian anak-anak muda adalah digital nomad. Mereka adalah pengembara digital yang penghasilannya tidak dibatasi ruang dan waktu. Jumlah pengasilan mereka pun banyak yang membuat kaget. Namun dari mana mereka bisa dapat uang? dan bagaimana cara mendapatkannya? Lebih dari itu, bagaimana cara agar bisa menjadi bagian dari kelompok digital nomad ini? Mari kita bahas satu persatu. Dilengkapi dengan infografis agar lebih mudah memahaminya.

Sumber-Sumber Penghasilan Digital Nomad

Para digital nomad ini mendapat penghasilan dari berbagai sumber, namun sesuai namanya, mereka menggunakan teknologi digital untuk bisa bekerja dan mengalirkan pundi-pundi uang. Karena digital maka merekapun bisa bekerja dari mana saja.

Infografis Sumber Penghasilan Digital Nomad

Diantara sumber-sumber penghasilan mereka antara lain:

Designer Grafis

Designer grafis bisa bekerja dari mana saja, oleh sebab itu designer grafis adalah kandidat yang sangat cocok jika ingin menjadi seorang digital nomad. Seorang design grafis selain bisa bekerja dari mana saja juga bisa mendapatkan job dari mana saja. Asalkan mempunyai portofolio yang bagus dan jaringan internet maka seorang designer grafis akan relatif mudah mendapatkan job.

Ada beberapa situs yang biasanya dijadikan tempat menambang uang oleh para designer grafis ini, misalnya dribble.com, Fiverr.com, UpWork, Freelancer, Guru, Projects.co.id, Sribulancer, dan 99Design.

Contributor Micro Stock

Kontributor microstok juga merupakan profesi yang sangat menjanjikan, dan merupkan salah satu pilihan menarik para digital nomad. Micro stock adalah situs-situs yang menyediakan berbagai asset digital yang diperlukan oleh dunia kreatif. Misalnya foto, design template, logo, png, motion graphic, dan video. Jumlah orang-orang yang menjadi kontributor microstock ini makin lama makin banyak, karena memang sangat menjanjikan. Sekali kita menaruh karya kita di situs microstock maka bisa “dijual” berkali-kali tanpa batas. Setiap karya kita diunduh orang, maka kita dapat penghasilan.

Situs-situs micro stock misalnya Shutterstcok, Freepik, Vectors.id, 123rf, Iconhub, Flaticon, iconfinder,Envato Element dll. Di situs-situs ini banyak digital nomad yang mengoptimalkan potensinya untuk menambang uang.

Youtuber
Youtuber juga sangat cocok jika ingin menjadi digital nomad. Dengan menjadi digital nomad maka seorang youtuber tidak akan kekurangan bahan untuk konten youtubenya. Kontennya akan sangta variatif, tidak terikat tempat dan tidak membosankan. Jadi sambil jalan-jalan sambil bikin konten. Uangpun akan mengalir dari adsense youtubenya.

Pengajar Kursus Online

Pengajar kursus online ini adalah salah satu profesi yang sedang naik daun. Para pemilik skill sekarang sangat mudah untuk membagikan skillnya melalui kursus online dan meraup penghasilan yang besar. Dan karena dilakukan secara online, maka tentu saja bisa dilakukan dari mana saja. Asalkan ada internet untuk mengunggahnya.

Platform untuk kursus online saat ini juga sangat banyak, salah satu yang paling terkemuka dan digemari oleh para pembuat kursus online adalah udemy. Di situs ini kita bisa membuat kursus dan menjualnya sesuai dengan harga yang kita mau. Situs ini digemari para pembuat kursus karena diakses oleh orang dari berbagai negara di seluruh dunia yang siap membayar untuk kursus-kursus online yang mereka inginkan. Cara daftarnya juga mudah, step-step panduannya juga sudah disediakan dengan rinci.

Trader Saham

Trading saham adalah profesi dengan potensial penghasilan yang besar, dan bisa dilakukan dari kamar atau manapun tempat yang diinginkan. Dengan potensi penghasilannya yang besar dan waktu yang fleksibel ini maka para trader saham juga sangat mungkin untuk bisa mencicipi gaya hidup digital nomad.

IT Developer

Para IT developer bisa dengan mudah menjadi digital nomad. Keahliannya dibutuhkan hampir oleh semua bidang, dan bisa dikerjakan dari mana saja. Disiplin keilmuan yang satu ini sangatlah luas, baik pekerjaan maupun pasarnya. Dia bisa membuat platform sendiri untuk menghasilkan uang, bisa juga menjadi developer freelance.

Blogger

Untuk blogger rasanya sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Seorang blogger punya kehidupan yang merdeka, bebas menulis apapun di blognya, dan bebas pergi kemanapun untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas blognya. Makin menarik blognya, akan makin banyak pengunjung, dan tentu saja akan makin banyak potensi penghasilannya.

Penulis Buku

Penulis buku bisa bekerja dengan sangat fleksibel, baik itu dari dalam kamar, meja makan, maupun cafe. Penulis buku juga seringkali perlu riset di banyak tempat yang berbeda sehingga bukunya makin berbobot. Saat ini, menulis buku tidaklah harus dicetak secara fisik melalui penerbit besar. Bisa juga dicetak secara mandiri atau indie dan dipasarkan secara mandiri juga. Pilihan lain adalah menjual ebook secara online. Para digital nomad banyak juga yang hidup dari berjualan ebook, baik diberbagai platform penjual ebook maupun melalui landing page yang dibuat sendiri kemudian mempromosikannya.

Nah, gimana? Tertarik untuk mencicipi pengalaman sebagai digital nomad?

Please follow and like us: